Sabtu, 13 Februari 2010

Apakah anda Pemikir atau Pekerja

Lihat artikel "Apakah anda Pemikir atau Pekerja" di = Seputar Indonesia


Kalau di suruh memilih salah satu dari tujuh tipe, mungkin-mungkin saja, tapi bukankah manusia, dalam kasus ini saya sendiri, tidak hanya memiliki satu tipe dari tujuh tipe tersebutkan. Karena manusia, apalagi yang telah lama menjalani hidup dan mempunyai banyak pengalaman dan kegiatan pasti mempunyai minimal dua tipe dari tipe-tipe tersebut.

Yang menjadi permasalah, di artikel tersebut tidak di jelaskan mengenai kemungkinan bahwa pembaca memiliki lebih dari satu tipe dari tujuh yang disebutkan. Misal, apa pekerjaan atau deskripsi tentang seseorang yang mempunyai tipe pekerja dan kreator. Apa pekerjaann yang harus dipilih apabila mempunyai lebih dari satu tipe, apakah condong ke tipe pertama dan membuang tipe lainnya, atau harus mencari pekerjaan yang mensupport keseluruhan tipe yang dimiliki?

Kalau menurut saya pribadi, saya termasuk ke dalam 6 tipe dari tujuh tipe keseluruhan yang di sebutkan, yaitu : Pekerja, Pemikir, Persuader, Koordinator, Penolong dan pembantu. Itupun berdasarkan oleh deskripsi dari masing-masing tipe yang disebutkan dalam artikel tersebut, ya walaupun sebenarnya dasar deskripsi masing-masing tipe termasuk deskripsi umum, dan tidak terlalu menspesifikan arti sebenarnya dari tipe tersebut.
  1. Pekerja :
Tidak hanya saya, pasti setiap orang akan sangat puas apabila berhasil menyelesaikan pekerjaannya. Dan tentunya pekerjaan tersebut merupakan hasil usahanya sendiri atau dengan tangannya sendiri. Rasanya juga tidak aneh kalau semua orang akan lebih termotivasi jika mendapat pujian. Mengenai targetpun, bukankah kita semua harus mempunyai target atau tujuan dalam hidup. Tidak mungkin ada orang yang menyarankan agar kita hanya perlu mempunyai satu target saja dalam satu tahun kan. Dan refreshing juga pasti dilakukan oleh setiap orang meskipun ia belum bekerja.

Lantas, mana dari deskripsi tipe pekerja ini yang mencirikan khusus seseorang bertipe pekerja?. Atau apakah semua orang bertipe pekerja?. Yang jelas, deskripsi tipe pekerja ini ada pada saya (dan mungkin semua orang J )
  1. Pemikir :
Deskripsi tipe pemikiran yaitu penasaran pun dimiliki oleh setiap orang. Namun yang membedakan tipe ini dengan orang kebanyakan adalah ketertarikan untuk menganalisa sesuatu. Yup, saya senang menganalisa sesuatu, mengapa ini bisa begini, kenapa bisa begitu. Saya senang bermain dengan pikiran dari pada melakukan kegiatan fisik, karena di saat berpikir tentang sesuatu, kita bisa bebas berimajinasi, karena di dunia ini salah satu yang masih memiliki kebebasan adalah pemikiran.
  1. Persuader :
Walau belum semahir orang yang mempunyai bakat mempengaruhi orang lain, belakangan ini saya menjadi tertarik tentang mempengaruhi pikiran orang karena saya sedang mempelajari suatu ilmu tentang mempengaruhi sebuah pemikiran atau persepsi. Seperti yang di deskripsikan oleh artikel tersebut, kunci utama bisa mempengaruhi pemikiran orang adalah dengan percaya diri yang tinggi sekali. Karena saya mempunyai banyak pengalaman dengan orang yang saya bilang pada awal adalah seorang yang mempunyai bakat mempengaruhi. Dengan percaya dirinya yang tinggi, ia bisa mempengaruhi pemikiran orang dengan memasukkan pemikiran-pemikirannya ke orang tersebut. Bahkan ia bisa mempengaruhi sesuatu yang salah menjadi benar. Dan aplikasi dari ilmu mempengaruhi akan sangat membantu dalam pekerjaan, entah saat wawancara, berdiskusi, dan atau saat bernegoisasi seperti saat berdagan dan lain-lain.
  1. Koordinator :
Tentunya dalam suatu pekerjaan, team work sangat dibutuhkan. Dan satu-satunya cara agar terbentuk team work yang baik dan pekerjaan menjadi lancar adalah suatu koordinasi yang sempurna. Saya sadar bahwa saya memiliki banyak kekurangan, maka dari itu, saya memanfaatkan sumber daya yang ada untuk melengkapi kekurangan saya. Saya koordinasikan oran-orang di sekitar saya yang kompeten untuk mengerjakan sesuatu yang saya tidak bisa dan pastinya orang tersebut sudah tidak dipertanyakan lagi keahliannya untuk melakukan apa yang saya mintakan.
  1. Penolong :
Tolong menolong pun sangat penting agar pekerjaan cepat selesai. Di saat saya sudah masuk kedalam suatu tim, berarti saya juga mempunyai andil dalam membangun tim saya tersebut. Salah satunya dengan memberikan saran-saran dan komentar, dan turut membantu dengan suka rela apabila tim saya membutuhkan bantuan saya.
  1. Pembantu :
Pembantu di sini bukan berarti saya bercita-cita ingin menjadi seorang pembantu. Tapi seperti pada point 5, yaitu tipe penolong, kita semua harus saling tolong-menolong dan bantu-membantu agar pekerjaan cepat selesai dan berjalan dengan lancar. Tentunya ini tidak hanya akan menjadi kenyamanan dan memenuhi kebutuhan orang yang dibantu saja, tapi juga akan membuat kita menjadi nyaman karena kita telah turut membantu agar semua hal berjalan dengan benar.

Kalau di lihat dari 6 tipe yang saya pilih, pekerjaan yang cocok dengan saya adalah semua pekerjaan.Kenapa semua pekerjaan cocok dengan kriteria di atas, karena semua pekerjaan membutuhkan individu-individu yang rajin bekerja (Pekerja), mampu menyelesaikan masalah (Pemikir), pintar bersosialisasi (Persuader), mampu bekerja dalam tim (Koordinator), dan rela berkorban (Penolong dan Pembantu).

Dan sekarang tinggal kembali ke diri kita sendiri untuk dapat pintar-pintar mencari pekerjaan yang kita inginkan dengan memanfaatkan keahlian-keahlian dan tipe yang kita miliki.

Namun apabila kalau di suruh memilih saya termasuk tipe pekerja atau pemikir, saya lebih memilih tipe pemikir. Karena seorang pemikir bisa memanfaatkan para pekerja untuk melakukan pekerjaanya. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar